Friday 2 June 2017

Soal Kimia Kelas X Beserta Pembahasan Tentang Pengenalan Ilmu Kimia dan Struktur Atom

Berjumpa lagi dengan soalkita1 hari ini enaknya share soal tentang apa ya? Tentang kimia aja ga apa-apa kali ya? kita akan membahas sedikit tentang Pengenalan Ilmu Kimia dan Struktur atom, jika ga sabar pengen cepet soalnya silah kan meluncur kebawah dan klik download.

Sebelum kesoal apa saja sih yang dipelajari dalam ilmu kimia? Tentu untuk kalian yang jurusan IPA atau yang belajar kimia sudah tahu apa jawabannya, ya ada tiga hal yang dipelajari dalam ilmu kimia diantaranya adalah materi, sifat dan perubahan materi dan energi yang menyertai perubahan materi.

Apa itu materi? Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Susunan materi meliputi unsur dan senyawa. Senyawa adalah perpaduan dari dua atau lebih unsur dengan komposisi tertentu dan tetap, misalnya air (H2O), urea (CO(NH2)2), dan alkohol (C2H5OH). Unsur adalah zat yang paling dasar dan merupakan penyusunan segala macam senyawa.
Materi terdiri dari partikel dasar yang disebut atom, struktur materi berisi gambaran tentang bagaimana atom-atom saling berkaitan, struktur atom akan memengaruhi sifat suatu materi sebagai contoh intan dan grafit sama-sama tersusun dari atom karbon (C) tetapi keduanya memiliki sifat yang berbeda, intan memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan sebagi pisau pemotong kaca, sedangkan grafit bersifat rapuh.

Lalu apa itu sifat dan perubahan materi? Setiap zat/ materi memiliki sifat tertentu yang dapat membedakannya dengan zat/ materi yang lainnya. Akan tetapi beberapa materi memiliki kemiripan selain itu juga dapat mengalami perubahan fisika maupun kimia seperti contoh perubahan materi dibawah ini.
a.       Air pada suhu kamar (25°C) memiliki wujud cair apabila didinginkan hingga suhu 0° wujud air akan berubah menjadi padat.
b.      Benda yang terbuat dari logam lama-kelamaan akan berkarat jika dibiarkan diudara terbuka dalam kurun waktu yang relatif lama.

Dan seperti apa energi yang menyertai perubahan materi? Setiap materi memiliki energi. Materi memegang peranan penting pada perubahan zat karena setiap perubahan zat selalu disertai dengan perubahan energi sebagai contoh pada proses lilin yang terbakar energi kimia yang terdapat pada lilin berubah menjadi energi cahaya dan panas (kalor).

Itu sedikit tentang pengenalan ilmu kimia sekarang kita akan membahas sedikit tentang struktur atom, ada yang masih ingat pengertian dari materi diatas? Tersusun oleh apakah materi itu? Seperti disebutkan diatas, benda-benda yang sering kita jumapi dalam kehidupan sehari-hari merupakan materi. Atom merupakan dasar penyusun materi dengan teknologi moderen atom dapat diurai mejadi partikel-partikel yang lebih kecil yang dinamakan artikel subatom. Melalui teori atom dan model atom kita dapat mengetahui partikel subatom, teori atom dan model atom terus berkembang mulai dari zaman yunani hingga sekarang. Teori dan model atom dari para ilmuan sebagai berikut.
1.       Model Atom Dalton
Pada tahun 1808 jhon dalton seorang ahli kimia berkebangsaan inggris mengemukakan gagasannya tentang atom sebagai partikel penyusun materi, atom menurut dalton sebagai berikut:
a.       Suatu materi terjadi atas partikel- partikel kecil yang disebut atom, atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil.
b.      Atom memiliki unsur yang sama memiliki sifat sama, sedangkan atom unsur berbeda, memiliki massa dan sifat yang berlainan.
c.       Atom-atom dapat bergabung satu sama lain secara kimia membentuk senyawa dengan perbandingan sederhana.
d.      Reaksi kimia hanya melibatkan penataan ulang atom-atom sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.

Baca Juga

2.       J.J. Thomson
Pada tahun 1897 J.J. Thomson melakukan percobaan dengan tabung sinar katode dan menemukan adanya pertikal- pertikal yang jauh lebih kecil dari atom dan mengandung muatan listrik negatif fartikel- fartikel inilah yang kemudian disebut elektron sebagai partikel dasar bermuatan negatif dalam atom, teori atom Dalton mengalami penyempurnaan oleh Thomson. Menurut Thomson bola pejal bermuatan positif dan didalamnya tersebar elektron.

3.       Ernest Rutherford
Pada tahun 1911, Ernest Rutherford bersama kedua asistennya, Hans dan Ernest Madson, melakukan percobaan dengan menembakan fartikel alfa (α) terdapat lempeng emas yang tipis. Rutherford mengajukan model atom yang mampu memperbaiki model atom thomson.

a.       Atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif dan mengelilingi inti.
b.      Semua proton berkumpul pada inti atom dan menyebabkan inti atom bermatan positif.
c.       Sebagian besar volume atom merupakan ruang kosong. Semua masa atom terpusat pada inti atom yang sangat kecil jari- jari atom sekitar 10-10m, sedangkan jari- jari inti atom sekitar 10-15m.
4.       Model Atom Niels Bohr
Niels Bohr menerangkan model atom berdasarkan teori kuantum untuk menjelaskan spektrum gas hidrogen. Menurut Bohr, spektrum garis menunjukan bahwa elektron hanya menempati tingkat-tingkat energi tertentu dalam atom. Model atom hidrogen menurut Bohr sebagai berikut.

a.       Atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dan disekitarnya beredar elektron- elektron yang bermuatan negatif.
b.      Dalam atom, elektron beredar mengelilingi inti atom  pada orbit tertentu yang dikenal sebagai keadaan stationer (tetap) yang selanjutnya disebut dengan tingkat energi utama (kulit elektron) yang dinyatakan dengan bilangan kuantum utama (n).
c.       Selama elektron berada dalam lintasan  stasioner energi akan tetap sehingga tidak ada cahaya yang dipancarkan.
d.      Elektron hanya dapat berpindah dari linasan stasioner yang lebih rendah ke lintasan stasioner yang lebih tinggi jika menyerap energi. Sebaliknya, jika elektron berpindah dari lintasan stasioner yang lebih tinggi ke rendah terjadi pelepasan energi.
5.       Teori Mekanika Kuantum

Lintasan elektron pada atom yang berelektron banyak tidak sesederhana yang dijelaskan Bohr tetapi lebih kompleks dan mempunyai subkulit- subkulit orbital. Berdasarkan hal ini teori atom Bohr dikembangkan dan diperbaiki oleh ilmuan- ilmuan dan diperoleh teori atom mekanika kuantum.

Silahkan Download Soal Kimia Kelas X Pada Link Download Dibawah Ini, Terima Kasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon