Friday 12 May 2017

Cara Mengatasi Grogi Berbicara Didepan Umum

Cara Mengatasi Grogi Berbicara Didepan Umum

http://soalkita1.blogspot.co.id/

Selamat datang semuanya di soalkita1, kemarin kita telah membahas tentang 9 TIPS DAN TRIK SUKSES MENGHADAPI SIDANG PROPOSAL
yang belum membacanya silahkan baca dulu karena artikel cara mengatasi grogi berbicara didepan umum  berkaitan erat dengan artikel kemarin yaitu 9 tips dan trik sukses menghadapi sidang proposal, Kita langsung saja kepembahasan utama kita selamat membaca.
 Kita tahu berbicara didepan umum adalah salah satu momok yang paling menakutkan bagi sebagian orang, bagaimana tidak membayangkannya saja kita sudah gemetaran setengah mati hingga keluar keringat dingin, puluhan, ratusan bahkan ribuan pasang mata akan melihat kita semua mata dan perhatian tertuju pada kita satu kata saja yang salah pasti akan membuat suasana sekitar menjadi kacau, atau bagaimana jika kata-kata kita saat berbicara tidak ada yang memperhatikan, semuanya sibuk dengan kesibukannya masing-masing, begitulah kira-kira sebagian kecil pertanyaan yang sering muncul saat kita akan tampil diepan umum setiap orang pasti berbeda cara mengatasinya, setiap kita diberi tugas untuk berbicara didepan umum beribu cara kita persiapkan untuk menghindarinya, ada yang nekad tidak hadir saat diberi tugas tersebut, ada juga yang menyuruh orang lain untuk menggantikan kita berbicara di depan umum, atau ada yang berbicara terang-terangan tidak bisa bicara didepan umum, apakah anda termasuk salah satunya? Berusaha menghindari saat diberi tugas tersebut? Jika iya dan anda ingin mengatasinya, mari kita baca artikel cara mengatasi grogi saat berbicara di depan umum.
Selamat menyimak dan semoga sukses.

1.        Niat
Apa? Niat? Tahapan macam apa itu? Ya kebanyakan orang tidak menyadari hebatnya kekuatan dari niat, ada yang bilang “siapa saja yang mempunyai niat kuat untuk sukses maka dia akan sukses” dan kata-kata itu adalah bentar karena jika sesuatu tidak dibarengi dengan niat maka kita akan susah untuk mecapai apa yang kita inginkan.

2.        Membuang Rasa Takut
Tahap ini adalah tahap yang paling penting untuk memulai segalanya rasa takut yang kita miliki adalah rasa takut yang kita buat sendiri, bagai mana jika nanti kita salah bicara, bagaimana jika nanti orang-orang mentertawakan kita, bagaimana jika semua yang kita hapalkan lenyap begitu saja saat kita tampil hal seperti itulah yang membuat kita semakin takut semakin tidak berani untuk berbicara didepan umum, buanglah jauh-jauh hal tersebut dan tanamkan dalam hati SAYA BISA MELAKUKANNYA.

3.        Latihan
Bagaimana kita bisa berbicara didepan umum kalau kita tidak pernah latihan, halaaahhh ngomong aja gampang buktinya saya sudah sering latihan tapi tetap aja grogi berbicara di depan umum, mungkin kata-kata itu yang ada dalam hati anda sekarang. Yap memang terkadang seperti itu kita sudah sering latihan tapi saat kita tampil semuahal dalam latihan hilang, musnah, lenyap begitu saja tak bersisa alias lupa atau blank tidak ingat satu katapun, jika kasus tersebut persis dengan apa yang dialami, saya punya cara tersendiri untuk mengatasinya yaitu dengan berbicara dihadapan cermin kenapa harus dihadapan cermin? Karena jika kita melakukannya dihadapan cermin otomatis kita bisa melihat diri kita sendiri tataplah mata kita dicermin liahatlah ekspresi wajah kita apakah sesuai dengan apa yang kita ucapkan? Jika kita mengucapkan kata-kata sedih otomatis mimik mka kitapun harus sedih, jika gembira maka mimik muka kitapun harus gembira jangan sampai kata yang kita ucapkan gembira tapi mimik wajah kita sedih, kan ga nyambung.

4.        Perbanyak Jam Terbang
Dari beberapa tahapan diatas yang paling penting adalah memperbanyak jam terbang, mengapa demikina? Karena semakin banyak jam terbang semakin kita terbiasa dengan semua itu, untuk yang masih sekolah, kuliah bahkan kerja jika ada persentasi,rapat ataupun acara tertentu cobalah langkah awal menjadi moderator atau MC karena dengan itu kita bisa melatih keberania kita dan menambah jam terbang otomatis kita akan mempunyai pengalaman lebih untuk kedepannya.

5.        Praktekan
Jika kita sudah membaca artikel ini dari atas sampai bawah semuanya akan sia-sia, percuma jika tidak mempraktekannya, ya iyalah jika kita hanya mengusai teori dan tidak kita praktekan maka 1000 tahunpun kita tidak akan pernah bisa berbicara di depan umum, seorang tentara pernah berkata “kami awalnya dipaksa lalu kami terpaksa setelah itu kami terbiasa dan sekarang menjadi budaya” cerna dan pahami baik-baik kata-kata tersebut.


Begitlah artikel sederhana nan ngaco, haha. Mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang menggores hati, saya hanya menulis dari pengalaman saya dan itu hanya bagian kecil saja jika saya tulis semuanya takutnya yang baca bosan, ngantuk dan langsung tertidur pulas :v, selamat mencoba dan semoga berhasil salam soalkita1. Jika ada yang punya pendapat lain silahkan komentar dibawah dan jangan lupa share TERIMA KASIH.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon