Saturday 16 February 2019

Bingung Memilih Kampus Politeknik? Berikut ini adalah 10 Kampus Politeknik Terbaik Di Indonesia

soalkita1-ngobrol-seputarkampus- Terkadang kita bingung mau menentukan kampus mana yang tepat untuk kita pilih terkadang kita ingin yang ini tapi teman menyarankan yang itu, terkadang kita ingin yang ini tapi tetangga kita nyarankan yang lain, maka dari itu mari kita kenali lebih jauh 10 Politeknik terbaik yang ada di Indoneisa, dengan catatan politeknik terbaik bisa berubah- ubah kapan saja jadi ini hanyalah patokan dasar, dan sumber ini di ambil dari "kinibisa". Berikut adalah 10 Politeknik terbaik selamat menyimak.


1.Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)


Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ini beralamat di Kampus ITS, Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Politeknik ini merupakan salah satu politeknik terbaik yang ada di Indonesia apalagi dengan adanya Program Studi Teknologi Game membuat kampus ini mempunyai daya tarik tersendiri dikarenakan setiap tahunnya perkembangan game di Indonesia bgeitu pesat yang dulunya bermain game adalah suatu hal yang tabu karena di anggap pemalas dan tidak mempunyai masa depan, berbanding terbalik dengan sekarang yang dimana bermain game bisa mendapatkan penghasilan maka dari itu dengan adanya Program Studi Teknologi Game ini bisa mengembangkan pergamean di Tanah Air Kita tercinta.

Politeknik ini sembah berubah nama beberapa kali seperti Pada tanggal 15 Maret 1988 Politeknik ini diberi nama Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET) lalu berubah lagi pada Pada bulan Juni 1991 menjadi Politeknik Elektronik Surabaya (PES) barulah Pada tahun 1996, nama politeknik ini kembali diubah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadi “Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)”. Nama itulah yang kemudian tetap bertahan hingga kini.

Politeknik ini memiliki Program Akademik yang cukup lengkap dari mulai Departemen, Diploma 3, Sarjana Terapan Hingga Pasca Sarjana. Bagaimana Tertarik untuk mendaftar? Untuk info lebih lanjut kunjungi website mereka https://www.pens.ac.id.

2. Politeknik Negeri Sriwijaya

Politeknik Negeri Sriwijaya merupakan salah satu kampus favorit calon mahasiswa baru di Sumatera Selatan. Lokasinya berada di Jl Srijaya Negara Bukit Besar 30137 Sumatera Selatan, Indonesia.  Politeknik Negeri Sriwijaya, adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.Politeknik Negeri Sriwijaya, dahulunya bernama Politeknik Universitas Sriwijaya secara resmi dibuka pada tanggal 20 September 1982. Pada fase pertama Politeknik hanya mempunyai 2 (dua) Jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin dengan daya tampung maksimum 576 orang mahasiswa dan dengan sarana pendidikan, staf pengajar dan kurikulum yang dirakit secara nasional dan terpusat di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik PEDC Bandung.

Adapun total jumlah mahasiswa saat ini sekitar 3203, dengan total jumlah dosen sebanyak 365. Dengan tenaga pengajar profesional, Politeknik Negeri Sriwijaya mampu menjadikan lulusan memiliki skill dan pengetahuan yang cukup luas. Selain itu, kampus telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana pembelajar yang memadai, sehingga memungkinkan mahasiswa dapat fokus belajar demi menggapai asa. Saat ini jumlah mahasiswa politeknik lebih dari 5000 orang dan jumalh itu semakin meningkat tiap tahunnya dengan penambahan fasilistas dan dibukanya beberapa program studi baru.
Bagi siswa baru lulus yang tertarik masuk ke Politeknik Negeri Sriwijaya, silakan cek informasi mahasiswa baru di laman www.polsri.ac.id. Politeknik Negeri Sriwijaya memiliki 9 jurusan dan 22 program studi sebagai berikut :

Diploma III
Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik ELektro Program Studi Teknik Listrik, Teknik ELektro Program Studi Teknik Elektronika, Teknik ELektro Program Studi Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia, Akuntansi, Administrasi Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis, Teknik Komputer, Manajemen Informatika, Bahasa Inggris.

Diploma IV
Teknik Sipil Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan, Teknik Kimia Program Studi Teknik Energi, Akuntansi Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Telekomunikasi, Jurusan Administrasi Bisnis Program Studi Usaha Perjalanan Wisata.

Diploma II (Program Studi di Luar Domisili/PDD)
Akuntansi Program Studi Akuntansi (Kota Prabumulih), Adminisrasi Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis (Kota Prabumulih), Teknik Komputer Program Studi Teknik Komputer (Kota Prabumulih), Manajemen Informatika Program Studi Manajemen Informatika (Kota Pangkalpinang).

Diploma I (Program Studi di Luar Domisili/PDD), Manajemen Informatika Program Studi Manajemen Informatika (Kota Pagaralam)

3. Politeknik Negeri Semarang

Politeknik Negeri Semarang Berlokasi di Jalan Prof H Soedarto SH Tembalang, Semarang 50275 Jawa Tengah, Indonesia. Politeknik Negeri Semarang merupakan satu dari enam politeknik yang didirikan dengan bantuan Bank Dunia sesuai Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 03/Dj/Kep/1979.

Sebelum dikenal dengan nama Politeknik Negeri Semarang awal mulanya Politeknik ini bernama Politeknik Universitas Dipenogoro pada tahun 1982, sejak awal dibuka pendaftaran Politeknik ini membuka tiga jurusan yaitu, Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Elektro.
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 313/O/1991 tanggal 6 Juni 1991 tentang Penataan Politeknik dalam lingkungan Universitas dan Institut Negeri, maka pada tahun 1992 dilakukan penataan jurusan dan program studi di Politeknik Universitas Diponegoro menjadi sebagai berikut:

Jurusan Teknik Sipil, dengan program studi D-III Konstruksi Gedung dan D-III Konstruksi Sipil;
Jurusan Teknik Mesin, dengan program studi D-III Teknik Mesin dan D-III Teknik Konversi Energi;
Jurusan Teknik Elektro, dengan program studi D-III Teknik Listrik, D-III Teknik Elektronika, dan D-III Teknik Telekomunikasi;

Jurusan Akuntansi, dengan program studi D-III Akuntansi dan D-III Keuangan & Perbankan; serta
Jurusan Administrasi Niaga, dengan program studi D-III Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran.

4. Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang atau biasa di kenal dengan sebutan polinema adalah institusi pendidikan tinggi vokasi yang terletak di kota Malang lebih tepatnya berada di jalan Soekarno Hatta No 9 65141 Jawa timur. Pendidikan Vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana. Ciri khas sistem pendidikan politeknik adalah perkuliahan yang menggunakan sistem paket dengan proses pembelajaran yang didesain agar lulusannya siap kerja. Untuk itu, sistem pendidikan ini harus didukung oleh metoda dan materi pembelajaran yang sesuai, meliputi bidang hard skill dan soft skill.

Polinema didirikan oleh Pemerintah Indonesia melalui dana Bank Dunia dengan Tenaga Ahli dari Swiss. Pada tahun 1982, Susunan Organisasinya diatur melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 59 Tahun 1982, bernama Fakultas Non Gelar Teknologi, Universitas Brawijaya dan mulai menerima mahasiswa angkatan I melalui 4 (empat) jurusan, yaitu Jurusan Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Listrik, Jurusan Teknik Mesin, dan Jurusan Teknik Sipil.

Melalui Surat Keputusan MENDIKBUD No. 0313/O/1991 tentang Penataan Politeknik dalam lingkungan Universitas dan Institut Negeri, maka Politeknik Malang ditetapkan sebagai institusi yang berada di lingkungan Universitas Brawijaya dan bernama Politeknik Universitas Brawijaya yang menyelenggarakan program pendidikan Diploma III (D-III).
dengan 7 (tujuh) Jurusan:
Jurusan Teknik Sipil, Program Studi Konstruksi Gedung dan Program Studi Konstruksi Sipil;
Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Mesin;
Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Teknik Listrik, Program Studi Teknik Elektronika, dan Program Studi Teknik Telekomunikasi;
Jurusan Teknik Kimia, Program Studi Teknik Kimia;
Jurusan Akuntansi, Program Studi Akuntansi;
Jurusan Administrasi Niaga, Program Studi Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran;
Jurusan Teknologi Informasi, Program Studi Manajemen Informatika, dan Program Studi Teknik Informasi.
Untuk Info Lebih Lanjut Kunjungi https://www.polinema.ac.id 

5. Politeknik Negeri Jakarta 

Politeknik Negeri Jakarta yang beralamat di Jl. Prof. DR. G.A. Siwabessy, Kukusan, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424, bermula dari fakultas non gelar teknologi Universitas Indonesia (FNGT-UI), yang kemudian menjadi Politeknik Universitas Indonesia. Politeknik Universitas Indonesia didirikan 20 September 1982 barulah pada tanggal 25 Agustus 1998 menjadi mandiri dengan nama Politeknik Negei Jakarta.

Ketika di dirikan Politeknik Negeri Jakarta memiliki 3 Jurusan yaitu: Jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Elektro. Pada saat ini Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang merupakan pendidikan tinggi vokasi mempunyai tujuh jurusan dan 34 program studi dengan jenjang Diploma (A.Md.) dan Sarjana Terapan (S.Tr.). Pada tahun 2016, Jurusan Teknik Elektro telah membuka Program Magister Terapan Teknik Elektro (MTTE) dengan gelar M.Tr. Para lulusan PNJ telah melakukan uji kompetensi kepada 1600 lulusan sebagai wujud Permenristekdikti Nomor 14 tahun 2015, yang bertujuan menyiapkan lulusan yang kompeten.
Untuk Info Lebih Lanjut Kunjungi https://www.pnj.ac.id.

6. Politeknik Negeri Jember

Politeknik Negeri Jember merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasional, yaitu program pendidikan yang mengarah proses belajar mengajar pada tingkat keahlian, keterampilan, dan standar kompetensi yang spesifik sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan stakeholder, serta mempunyai kemandirian dalam berkarya dan berwirausaha berbasis IPTEKS yang diperolehnya.

Politeknik Negeri Jember yang dulu bernama Politeknik Pertanian Negeri Jember merupakan satu-satunya Politeknik Pertanian Negeri yang ada di Pulau Jawa. Berdiri pada tahun 1988 dengan bantuan dana dari Asian Development Bank (ADB) oleh konsultan konsortium ENAREC-Australia/New Zealand, dengan fasilitas pengajaran dari luar negeri dan tenaga pengajar lulusan sarjana dari berbagai universitas ternama yang telah mendapat tambahan pendidikan profesional selama 2 tahun baik didalam maupun di luar negeri, maka Politeknik Negeri Jember dijadikan sebagai acuan proses pendidikan profesional di tingkat nasional. 

Seperti halnya perguruan Tinggi lain, Politeknik Negeri Jember mempunyai tiga program yang dikenal dengan nama Tri Dharma Perguruan Tinggi, : Pendidikan, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penelitian.

Peningkatan pengembangan program studi khusus yang mencakup kedalam program studi yang sudah ada sebagai dasar penataan pengembangan program studi khusus untuk menjawab kebutuhan pasar dan pengembangan iptek, maka program studi yang dijadikan sebagai dasar dalam program khusus pada Politeknik Negeri Jember ada 3 yaitu:
Program Studi Produksi Tanaman Perkebunan
Program Khusus peminatan Kopi
Program Khusus peminatan Kakao
Program Khusus peminatan Karet
Program Studi Teknik Komputer
Program Khusus Teknik Komputer Jaringan
Program Studi Teknologi Industri Pangan
Program Khusus Teknologi Hasil Perikanan 

7. Politeknik Negeri Bandung 

Politeknik Negeri Bandung atau lebih di kenal dengan POLBAN beralamat di Jl. Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559, adalah salah satu Politeknik favorit di daerah Jawa Barat.

Politeknik Negeri Bandung didirikan pada tahun 1982 Mulanya POLBAN bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung (Politeknik ITB) karena berada dalam naungan ITB. Sejak tahun 1999, Politeknik ITB menjadi institusi mandiri yang terpisah dari ITB, sehingga namanya berubah menjadi Politeknik Negeri Bandung hingga sekarang.

Dalam mengawali debutnya Politeknik ini mengawali dengan empat program studi pertamanya yaitu: D3-Teknik Sipil (Jurusan Teknik Sipil), D3-Teknik Mesin (Jurusan Teknik Mesin), D3-Teknik Elektronika (Jurusan Teknik Elektro), D3-Teknik Listrik (Jurusan Teknik Elektro).

Sekarang POLBAN mempunyai berbagai jurusan yang dibagi lagi kedalam 2 kelompok yaitu rekayasa/teknik dan tata niaga.
Kelompok Rekayasa atau Teknik Terdiri dari:
Jurusan Teknik Sipil
Jurusan Teknik Mesin
Jurusan Teknik Konversi Energi
Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara
Jurusan Teknik Elektro
Jurusan Jurusan Teknik Kimia
Jurusan Teknik Komputer dan Informatika

Kelompok Tata Niaga Terdiri Dari:
Jurusan Akuntansi
Jurusan Admnistrasi Niaga
Jurusan Bahasa Inggris

Ada juga Program D4 PPL apa itu Program D4 PPL? Program pendidikan D4 PPL merupakan program ekstensi yang dikhususkan bagi alumni-alumni D3 yang telah memiliki pengalaman kerja dengan syarat minimum satu tahun pengalaman. Pengalaman kerja tersebut dapat dikonversikan ke dalam mata kuliah dengan metode tertentu, sehingga dapat mengurangi beban SKS yang diberikan pada mahasiswa. Program D4 PPL berjumlah 36 SKS yang diantaranya kuliah tatap muka dan E-Learning.
Program pendidikan D4 Politeknik Negeri Bandung dibuka mulai semester ganjil tahun 2011 dengan program studi:

D4 Teknik Perencanaan Jalan dan Jembatan
D4 Teknik Perancangan Konstruksi Mesin
D4 Teknik Komputer
D4 Teknik Kimia Produksi Bersih

8. Politeknik Negeri Lampung

Politeknik Negeri Lampung ini berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta No. 10, Rajabasa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia. Politeknik Negeri Lampung diamanatkan untuk melaksanakan Pendidikan Vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dan profesionalitas dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana. Oleh karena itu pendidikan di Politeknik Negeri Lampung lebih diarahkan kepada pembelajaran yang professional dengan dukungan tenaga pengajar (dosen), teknisi, tenaga administrasi dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar yang menunjang sistem pembelajaran tersebut. 

Program pendidikan di Politeknik Negeri Lampung dikelompokkan dalam 5 (lima) jurusan (fakultas) yaitu : Budidaya Tanaman Pangan, Budidaya Tanaman Perkebunan, Teknologi Pertanian, Peternakan dan Ekonomi dan Bisnis.

Program studi di Politeknik Negeri Lampung terdiri dari 11 (Sebelas) Program Studi D3 (Ahli Madya) yaitu : Produksi Tanaman Pangan, Hortikultura, Produksi Tanaman Perkebunan, Teknik Sumber Daya Lahan dan Lingkungan, Mekanisasi Pertanian, Teknologi Pangan, Produksi Ternak, Budidaya Perikanan, Agribisnis, Akuntansi dan Manajemen Informatika.

Program studi di Politeknik Negeri Lampung terdiri dari 7 (Tujuh) Program Studi D4 (Sarjana Terapan) yaitu : Teknologi Pembenihan, Produksi dan Manajemen Industri Perkebunanan, Teknologi Produksi Ternak, Agribisnis Pangan, Akuntansi Perpajakan, Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura dan Teknologi Rekayasa Kimia Industri.

9. Politeknik Negeri Medan

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara, Politeknik Negeri Medan saat ini menjadi pusat pendidikan vokasi yang berfokus pada pengembangan kemampuan sumber daya manusia dan memiliki visi global untuk turut serta meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan di Indonesia.

Dengan 16 program studi yang ada dan fasilitas kampus seluas 8.5 ha, Politeknik Negeri Medan mempersiapkan kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Politeknik Negeri Medan juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu dan turut serta mengembangkan jiwa wirausaha bagi para peserta didik. Saat ini Politeknik Negeri Medan mendidik lebih dari 5.500 mahasiswa dan telah menamatkan lebih dari 20.000 alumni yang telah bekerja di berbagai sektor industri.

Politeknik Negeri Medan secara aktif juga terlibat dalam berbagai penelitian terapan. Selain itu para dosen Politeknik Negeri Medan juga ikut serta dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat sebagai rasa tanggung jawab sosial. Selain itu dalam rangka pengembangan jaringan, Politeknik Negeri Medan juga melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai pihak baik regional maupun internasional.
Informasi Lebih Lanjut Kunjungi http://www.polmed.ac.id/newpolmed/

10. Politeknik Negeri Pontianak

Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) merupakan sistem Pendidikan Tinggi jalur profesional yang menekankan penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mendukung era industrialisasi. Secara umum, sistem pendidikan Politeknik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1. Pendidikan tinggi yang kurikulumnya berbasis kompetensi.
2. Pendidikan profesional yang menekankan pembentukan kompetensi untuk menangani pekerjaan teknologi menurut praktik baku.
3. Pengajaran teori dan praktek diselenggarakan untuk saling memperkuat kemampuan penalaran dan ketrampilan menangani masalah praktis. Pengajaran teori menekankan pada pengkaitan konsep dasar dengan kasus nyata secara langsung melalui metode pemecahan secara praktis, dengan pengajaran praktik menekankan pada kemahiran mengintegrasikan teori dengan penanganan proses nyata untuk menghasilkan produk jadi.

TENAGA PENGAJAR
Tenaga Pengajar Politeknik Negeri Pontianak berjumlah 238 orang, terdiri dari dosen dan instruktur yang telah memperoleh pendidikan kepoliteknikan baik di dalam maupun luar negeri.

PROGRAM PENDIDIKAN
1. Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan dengan Program Studi D3 Teknik Sipil dan D4 Teknik Perencanaan Perumahan dan Permukiman.
2. Jurusan Teknik Mesin dengan Program Studi D1 Operator Dan Peralatan Berat, D3 Teknik Mesin dan D4 Teknik Mesin.
3. Jurusan Teknik Elektro dengan Program Studi D3 Teknik Listrik, D3 Teknik Elektronika, dan D3 Teknik Informatika.
4. Jurusan Administrasi Bisnis dengan Program Studi D3 Administrasi Bisnis dan D4 Administrasi Negara.
5. Jurusan Akuntansi dengan Program Studi D3 Akuntansi dan D4 Akuntansi.
6. Jurusan Teknologi Pertanian dengan Program Studi D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, D4 Budidaya Tanaman Perkebunan(*) dan D4 Manajemen Perkebunan(*). 
7. Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan dengan Program Studi D3 Budidaya Perikanan, D3 Teknologi Penangkapan Ikan dan D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.
8. Jurusan Teknik Arsitektur dengan Program Studi D3 Arsitektur, D4 Arsitektur Bangunan Gedung, dan D4 Desain Kawasan Binaan.
9. PDD Kota Singkawang dengan Program Studi D2 Teknik Informatika dan D2 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan.
10. PDD Kabupaten Polewali Mandar dengan Program Studi D2 Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan dan D2 Teknik Mesin.
11. PDD Kabupaten Kapuas Hulu dengan Program Studi D3 Teknik Sipil, D3 Teknologi Budidaya Perikanan dan D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon