Wednesday 13 February 2019

SBMPTN? BERIKUT ADALAH HAL YANG WAJIB DI PERSIAPKAN

soalkita-ngobrol-SBMPTN- sekarang kita akan membahas tentang SBMPTN untuk kalian yang mungkin lupa apa itu SBMPTN saya akan mengingatkan kembali. Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah.


Itu adalah sedikit ulasan tentang SBMPTN sekarang kita kembali ke judul yaitu hal yang wajib di persiapkan untuk SBMPTN, sebagian mungkin sudah memepersiapkan dari jauh- jauh hari namun mungkin sebagian juga ada yang masih belum mempersiapkan apapun karena bingung, apasih yang harus di persiapkan untuk SBMPTN? Naah kita hadir untuk klian yang belum tau dan mengingatkan lagi untuk kalian yang sudah tau, berikut adalah hal- hal yang harus di persiapkan untuk SBMPTN.


1. SIAPKAN MENTAL
Kita harus benar- benar siap mental karena yang mengikuti seleksi bukan hanya dari sekolah kita tapi dari seluruh penjuru Indonesia jangan sampai apa yang sudah kita persiapkan selama ini tiba- tiba mental kita ciut karena melihat banyak orang dan jawaban yang sudah kita persiapkan tiba- tiba blank karena melihat soal yang banyak.

2. TENTUKAN KAMPUS
Tentukan kampus yang sesuai dengan cita- citamu, memang sih untuk menentukan kampus ini agak sulit selain terlalu banyak pilihan bahkan ada juga yang bingung karena tidak ada pilihan yaa ini sih pengalaman pribadi, wkwk, cara mengatasinya yaitu dengancara bertanya kepada teman atau tetangga yang kuliah di kampus tujuan kita, atau bisa mengunjungi website kampus akan lebih baik lagi jika kita datang langsung ke kampus tujuan kita.

3. TENTUKAN JURUSAN
Sesuaikan jurusan dengan fashion kamu jangan sampai kamu memaksakan masuk ke jurusan keperawatan padahal fashion kamu sebenarnya adalah di bidang komputer, tidak ada yang salah sih dengan hal tersebut namun kita akan membutuhkan perjuangan yang lebih berat karena kita tidak mempunyai dasar jurusan tersebut dan kita harus memulainya dari nol. Namun jika kalian sanggup mengapa tidak?. 

4. JANGAN SAMPAI SALAH MENENTUKAN URUTAN PILIHAN
laah yang ini panjang banget judulnya, wkwk. tapi ga apa apa ya karena masih banyak orang tertukar mengisi urutan prioritas misalnya:
Pilihan 1 : Komputer UIN
Pilihan 2 : Keperawatan UI
Jika kalian lolos di nomor 1 maka kalian tidak akan lolos lagi di urutan kedua jangan sampai tertukar yaa!

5. ULANG MATERI
Naah ini niih yang ga kalah penting mengulang materi, karena materi SBMPTN itu diambil dari materi selama kita sekolah, jadi buku, fotocopyan jangan dulu di buang atau bahkan di jadikan bungkus gorengan karena itu akan sangat bermanfaat untuk mengulas materi yang sudah kita pelajari, atau jika sudah terlanjur menjadi bungkus gorengan dan punya cukup uang kalian bisa beli ringkasan materi di toko buku terdekat.

6. LATIHAN SOAL
Selain mengulang materi kita juga harus rutin berlatih dengan soal- soal SBMPTN tahun- tahun sebelumnya karena akan sangat beranfaat dan membuat kamu lebih bersahabat dengan soal- soal SBMPTN. Jika kamu tidak mengikuti bimbel setidaknya kamu harus sedikit berkorban untuk membeli atau meminjam buku tentang soal- soal SBMPTN.

7. CARI CARA NYAMAN UNTUK BELAJAR
Setiap orang mempunyai caranya tersendiri untuk belajar ada yang lebih nyaman belajar sendiri ada juga yang lebih nyaman belajar bersama tapi lebih bagus lagi gunakan kedua metode tersebut, karena setiap orang pasti ingin lulus dan setiap orang akan lebih giat belajar dari orang orang lainnya.

8. MENGIKUTI TRYOUT
Tryout ini sangat bermanfaat bagi kita yang ini mengikuti SBMPTN karena bisa menjadi ajang uji coba dan tolak ukur sampai mana kemampuan kita apalagi SBMPTN sekarang sepenuhnya menggunakan komputer jadi akan lebih baik mencari tryout yang menggunakan komputer agar lebih terbiasa.

9. PERLUAS WAWASAN
Selalu konsultasi dan mencari informasi baik dari orang tua, guru ataupun senior yang sudah berpengalaman agar wawasan kamu bertambah dan tidak menyesal di kemudian hari.

Sepertinya cukup sekian untuk pembahasan hal apa saja yang wajib di persiapkan untuk SBMPTN, semoga bermanfaat jangan lupa tinggalkan komentar dan share ke teman- teman kalian dan juga untuk kalian yang mengikuti SBMPTN semoga lulus semuanya Aamiin. Terima Kasih Banyak.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon