Monday 27 May 2019

PENGERTIAN DAN CABANG SENI RUPA

PENGERTIAN DAN CABANG SENI RUPA

Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan di rasakan dengan rabaan. Karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua, yaitu karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki dimensi yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar, atau karya seni yang hanya bisa di lihat dari satu arah pandangan. Contoh karya seni rupa dua dimensi antara lain seni lukis, seni grafis, seniilustrasi, relif dan lain sebagainnya. Adapun karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang.

APA ITU PENGERTIAN DAN CABANG SENI RUPA


Seni rupa dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

1. Cabang Seni Berdasarkan Penciptanya
  • Seni Rakyat (Folk Art). Karya seni ini timbul dan berkembang pada suatu masyarakat yang tidak diketahui penciptanya. karya seni ini dapat berupa seni pakai atau seni tradisional, alat-alat upacara ataupun karya seni Kriya.
  • Seni Murni (Fine Art). Suatu cabang seni yang penciptaannya bukan untuk memenuhi kebutuhan praktis atau segi guna, melainkan hanya untuk kebutuhan batin. Pembuatannya hanya bertujuan memenuhi rasa keindahan dan kebutuhan ekspresi seniman.
  • Seni Terapan (Applied Art). Karya seni ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga disebut seni pakai atau terapan. Seni terapan adalah seni yang ada gunanya terhadap keperluan sehari-hari pada masyarakat. Contoh: Seni kriya, seni ilustrasi, seni bangunan, seni interior atau eksterior dan sebagainya.
2. Cabang Seni Rupa Menurut Bentuk/ Wujud/ Dimensi
  • Seni Rupa Dua Dimensi (Dwimatra). Dimensi adalah ukuran yang meliputi panjang, lebar dan tinggi atau volume. Senirupa dua dimensi adalah cabang seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebaryang berupa bidang datar dan hanya dapat dinikmati dan dihayati dari depan. Contoh: Seni lukis, seni ilustrasi, seni dekorasi, seni mosaik, seni reklame, seni foto, seni poster, seni gambar, seni grafis dan lain-lain.
  • Seni Rupa Tiga Dimensi (Trimatra). Seni rupa tiga dimensi adalah suatu karya seni yang mempunyai ukuran panjang, lebar dan tebal, ada tonjolan, lekukan dan sebagainya. Contoh: Patung, seni bangunan, seni interior dan seni eksterior.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon