Tuesday 9 July 2019

SISTEM PERNAFASAN PADA MANUSIA BESERTA FUNGSINYA

SISTEM PERNAFASAN PADA MANUSIA BESERTA FUNGSINYA

Setiap mahluk hidup pasti bernafas. Bernafas adalah menghirup dan menghembuskan udara melalui paru-paru. Tujuan dari proses bernapas mahluk hidup adalah untuk memeroleh energi. Taukah kamu kita bernafas rata-rata 12 sampai 18 kali permenitnya? Itu berarti dalam sehari kita bisa bernafas sampai 17.280 kali! Wiih, ternyata banyak banget. meskipun dalam sehari kita bisa bernafas sebanyak itu dan sepertinya bernafas itu adalah hal yang simple hanya menghirup udara dan mengeluarkannya, tapi nyatanya bernafas tidak se simpel itu loh. Ada berbagai organ yang terlibat dalam bernapas. Apa saja? kita bahas disini.

ORGAN PERNAPASAN DAN FUNGSINYA


A. Hidung
Hidung merupakan alat pernapasan paling awal yang dilalui udara. didalam rongga hidung terdapat rambut kecil (silia) dan selaput lendir. Rambut kecil berguna menyaring udara kotor yang masuk melalui hidung, sedangkan selaput lendir menghasilkan lendir yang berfungsi menangkap udara kotor yang lolos oleh saringan rambut kecil, menghangatkan suhu udara yang masuk ke paru-paru dan mengatur kembali udara.

B. FARING (Rongga Tekak)
Faring merupakan rongga persimpangan antara jalan udara pernapasan (batang tenggorokan dan rongga hidung) dan jalan makanan (esofagus).

C. LARING (Pangkal Tenggorokan)
Laring (Pangkal Tenggorokan)

Laring merupakan saluran udara dan berperan dalam pembentuan suara. Dalam laring terdapat selaput suara yang ketegangannya diatur oleh serabut-serabut otot sehingga dapat menghasilkan tinggi rendahnya nada suara yang diperlukan. pangkal tenggorokan dapat ditutup oleh katup panggkal tenggorokan (epiglotis).

D. TRAKEA (Bentang Tenggorokan)
Trakea berfugsi sebagai tempat lewatnya udara. Trakea merupakan lanjutan dari laring yang dibentuk oleh 16 sampai dengan 20 cincin yang terdiri dari tulang-tulang rawan yang berbentuk seperti kuku kuda (huruf C).

E. BRONKUS (Cabang Batang Tenggorokan)
Didaerah dada, trakea bercabang dua ke kiri dan kekanan disebut bronkus (cabang baatang tenggorokan). Didalam paru-paru, tiap bronkus membentuk cabang-cabang disebut bronkiolus. yang menuju tiap lobus pada paru-paru.

F. PULMO (Paru-Paru)
PULMO (Paru-paru)


Paru-paru merupakan tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Paru-paru terletak didalam rongga dada di kanan dan kiri jantung dan dilindungi oleh tulang-tulang rusuk yang membentuk semacam sangkar. Paru-paru kanan memiliki tiga lobus, sedangkan paru0paru kiri memiliki dua lobus. bagian luar paruparu diselubungi oleh dua selaput pelindung yang disebut pleura. Semakin kedalam, di dalam paru-paru akan ditemui gelembung halus kecil yang disebut alveolus. Alveolus gelembung-gelembung halus atau gelembung paru-paru yang sangat tipis, tetapi elastis dan mengandung kapiler-kapiler darah pada alveolus inilah pertukaran gas antara oksigen dan karbondioksida.

Kurang lebih seperti itulah struktur dan fungsi alat-alat pernapasan pada sistem pernapasan manusia. Dan berikut adalah jalur pernapasan pada manusia Rongga Hidung -  Faring - Laring - Trakea - Bronkus - Pulmo.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon